Ditulis oleh: Marketing Senna Indonesia, Selasa, 26 Juli 2022

Apasih Pentingnya Kelola Stock Opname Bagi Pebisnis Pemula?

Apasih Pentingnya Kelola Stock Opname Bagi Pebisnis Pemula?

Kamu pebisnis pemula dan masih suka kebingungan dengan istilah stock opname? Pas banget nih, artikel ini cocok untuk untuk kamu baca dan pelajari hingga akhir! Stock opname adalah sesuatu yang tidak boleh terhindarkan dari para pelaku bisnis. Perannya yang sangat vital dapat membantu menyelesaikan masalah persediaan barang. Pebisnis akan merasa terbantu apabila usai melakukan proses stock opname. Jadi, sebenarnya apasih stock opname dan seberapa penting pengelolaannya untuk bisnis pemula? Terutama, untuk kamu pemilik bisnis ritel,ya!

Stock opname adalah sebuah bentuk rangkaian kegiatan perhitungan persediaan stok barang yang masih tersimpan di dalam gudang untuk kemudian dipasarkan. Ada banyak kegiatan yang tercakup di dalamnya, mulai dari menghitung jumlah barang, melakukan pemeriksaan secara langsung, serta melakukan penataan yang akan memudahkan operasional bisnis ketika suatu produk tertentu dibutuhkan.

Dari pengertian stock opname di atas, pelaku usaha dapat memastikan seluruh proses bisnis dapat dijalankan dengan lancar, khususnya yang berkaitan dengan persediaan produk yang ditawarkan.

Tujuan adanya stock opname sendiri adalah mengetahui kesesuaian antara jumlah yang tercatat dalam administrasi pembukuan atau keuangan bisnis dengan situasi riil yang ada. Untuk tujuan yang satu ini, tak jarang kegiatan stock opname dilakukan hingga dua kali sehari, yaitu di awal jam operasional dan juga saat jam operasional bisnis berakhir.

Terkait tujuan stock opname yang satu ini, pelaku usaha perlu untuk memastikan apa yang tercatat dalam pembukuan sudah sesuai dengan jumlah yang memang tersedia di gudang. Ketika jumlah tersebut tidak sesuai, proses bisnis dapat terganggu, misalnya ketika karyawan harus mengeluarkan produk yang diminta oleh pelanggan, tetapi tidak dapat melakukannya karena meskipun tercatat dalam pembukuan bahwa masih ada persediaan, ternyata di gudang sudah tidak ada lagi yang tersisa.

Dengan mengetahui jumlah yang riil dan benar-benar dapat ditemukan di gudang, pelaku usaha juga dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk memperbarui stok persediaan suatu produk. Penghitungan stock opname yang baik, sebagai contoh, akan membantu pelaku usaha dalam mengetahui produk apa saja yang paling banyak dicari oleh pelanggan dan produk mana yang kurang diminati oleh pelanggan. Dari sini saja pelaku usaha dapat mempertimbangkan apakah perlu melakukan persediaan ulang untuk suatu produk.

Ada periode-periode tertentu di dalam melakukan stock opname, tiga bulan sekali adalah waktu yang cukup untuk perusahaan kecil atau para pebisnis pemula, sedangkan bagi perusahaan besar bisa melakukan aktivitas tersebut dalam setahun sekali agar efektif dan efisien. Agar pengelolaan stock opname menjadi lebih mudah kamu bisa menggunakan aplikasi digital penunjang Kelola keuangan bisnis kamu, bisa menggunakan Aplikasi Senna yang tentunya sudah pasti akurat dalam pengelolaan stock opname.

 

Tags: Online Toko Penjualan Aplikasi Kasir Umkm Akuntansi Laporan Keuangan Hutang Piutang Bisnis Keuangan Digital Keuangan Digital Pengusaha Bisnis Strategi Perusahaan


background icon background icon