Ditulis oleh: Marketing Senna Indonesia, Jumat, 20 Mei 2022

Pentingnya Peran Customer Service untuk Kesusksesan Bisnis. Apa Saja?

Pentingnya Peran Customer Service untuk Kesusksesan Bisnis. Apa Saja?

Customer service atau yang biasa disebut dengan CS adalah garda terdepan dalam sebuah pelayanan dalam bisnis yang anda miliki. Ketika mendengar kata CS tentunya yang ada dipikiran anda adalah seseorang yang menerima atau menghubungi telepon untuk kepentingan bisnis dan  berkomunikasi dengan para konsumen terkait produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis yang anda miliki. Lalu seberapa penting sih peran customer service untuk bisnis anda?

Customer Service memiliki fungsi sebagai penerima dan pemecah setiap keluhan ataupun permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan sehingga setiap customer service harus mengetahui seluk beluk produk knowledge yang kita jual. Selain itu menjadi customer service juga haru siap mental untuk menanggapi complain, keluhan, dan bahkan harus siap kena marah karena mood pelanggan yang kadang berantakan.

Nah, dari sini saja kita sudah dapat melihat betapa pentingnya peran Customer Service untuk bisnis anda. Lalu, apasih manfaat pentingnya miliki customer service dalam bisnis?

CS bukan hanya sekedar pemberi informasi saja. Berikut manfaat jika Sobat Senna memiliki tim CS.

 

  1. Meningkatkan citra positif bisnis yang anda miliki : Kehadiran tim CS tentunya dapat memberikan citra positif bagi perusahaan karena sebagai bentuk komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kenyamanan pelanggan tentunya juga bisa dilihat dari jalinan komunikasi yang baik dengan CS.
  2. Menciptakan suasana kerja yang positif: jika perusahaan anda tidak memiliki tim CS yang baik maka semakin banyak complain yang berdatangan, hingga menyebabkan suasana kerja yang tidak kondusif dan penjualan bisa saja menurun hingga berdampak pada semua karyawan.
  3. Meningkatkan penjualan : Adanya CS juga berperan dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Karena melalui penjelasan fungsi dan cara kerja produk maupun layanan yang ditawarkan dapat berdampak terhadap peningkatan penjualan.
  4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Jika tim CS mampu menangani komplain maupun permintaan pelanggan dengan baik maka dapat memberikan kesan profesional dari perusahaan tersebut di mata konsumen. Secara tidak langsung, Hal ini dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan karena mereka bisa saja merekomendasikan merek tersebut kepada tetangga, kolega atau keluarga atas dasar kepuasannya.

Nah, sekarang sobat senna sudah tau kan sebarapa pentingnya peran customer service pada bisnis yang anda miliki? Untuk itu jangan lupa memilih cs yang benar-benar menguasai public speaking yang bagus, ramah, dan tentunya memiliki kepribadian yang baik. 

Tags: Toko Digital Pengusaha Bisnis Strategi Perusahaan


background icon background icon