Ditulis oleh: Marketing Senna Indonesia, Kamis, 28 April 2022

Tips Cerdas Kelola Keuangan Saat Mudik Lebaran

Tips Cerdas Kelola Keuangan Saat Mudik Lebaran

Menyambut lebaran memang suatu hal yang sangat dinantikan oleh semua umat muslim, terlebih para umat muslim yang berada jauh dari kampung halaman. 2 tahun pandemi berlalu membuat para masyarakat merindukan kebersamaan momen lebaran di kampung halaman. Ketika menyambut lebaran, tidak sedikit masyarakat yang antusias untuk berbondong-bondong membeli banyak kebutuhan akan gawai pakaian, peralatan rumah tangga, hampers lebaran untuk saudara-saudara, sepatu, tas dll. Sehingga mengakibatkan keuangan justru semakin berantakan ketika menyambut hari kemenangan. Untuk mengatasi terjadinya pengaturan Kelola keuangan yang berantakan Senna memberikan tips cerdas Kelola keuangan saat mudik lebaran. Seperti apa? Yuk, simak artikel di bawah ini :

Yang pertama, kamu bisa menghitung secara detail dan catat kebutuhan dana yang akan kamu keluarkan saat mudik lebaran nanti. Kamu bisa menggunakan notes pada smartphonemu agar lebih mudah melihat dan mencatat jumlah uang yang kamu keluarkan. Bisa mulai mencatat dari mulai keutuhan bensin, atau biaya transport, biaya konsumsi, biaya THR untuk saudarasaudara dll.

Kedua, Jangan gunakan semua dana THR untuk dihabiskan disaat momen menyambut lebaran. Kamu bisa sisihkan Sebagian dana THR untuk kebutuhan yang lain di dalam rekening tabungan yang kamu miliki.

Ketiga, Hindari godaan diskon pembelian belanja online, gunakan secara seperlunya. Kamu bisa mulai memikirkan barang-barang apa yang memang urgent untuk kamu beli dan kamu butuhkan. Upayakan membeli suatu nilai guna bukan hanya membeli nilai simbol.

Keempat, Usahakan jangan mengeluarkan dana diluar barang yang dicatat. Kamu bisa menggunakan dana darurat jika memang keadaan sudah memang membutuhkan seperti keperluan membeli bensin karena tiba-tiba terkena macet Panjang, biaya konsumsi yang overload karena harus terlalu lama di dalam perjalanan, atau kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya.

Keempat tips diatas bisa disesuaikan dengan keadaan keuangan para pegguna agar tidak overload dalam mengelola keuangan anda saat mudik lebaran nanti. Selain itu, adanya momen lebaran juga dijadikan sebagai momen bersilaturahmi bukan hanya menampilkan sesuatu yang berlebihan dalam berpenampilan.

Tags: Laporan Keuangan Digital Keuangan Digital Strategi


background icon background icon