Ditulis oleh: Miftah Wulandari, Selasa, 7 Desember 2021

Tips Belajar Akuntansi Dengan Mudah dan Menyenangkan

Tips Belajar Akuntansi Dengan Mudah dan Menyenangkan

Belajar akuntansi bagi sebagian besar masyarakat sangatlah sulit dan kadang membosankan. Mulai dari harus paham dan menghafal rumus, melakukan pencatatan sampai dengan perhitungan yang rumit dan dituntut teliti.

Memang benar belajar akuntansi tidaklah mudah, tetapi peran akuntansi sangat penting dan vital terhadap proses pengelolaan usaha itu sendiri, baik itu bisnis skala kecil maupun besar. Bayangkan saja, jika Kamu seorang owner bisnis tetapi Kamu tidak memahami kondisi keuangan, tentunya Kamu akan sulit untuk mengambil keputusan bisnis. Oleh karena itu, memahami materi akuntansi adalah suatu keharusan jika Kamu ingin bisnis Kamu stabil dan semakin berkembang.

Memahami akuntansi memang tidak mudah, tetapi jika Kamu mengerti caranya yang benar dan tepat semuanya akan terasa mudah dan menyenangkan.

Era digital seperti ini dan adanya inovasi dibidang akuntansi tentu akan mempermudah Kamu dalam memahami akuntansi secara cepat dengan mengakses melalui internet atau dapat mengikuti kursus akuntansi baik yang gratis maupun berbayar.

Untuk memulai belajar akuntansi, langkah-langkah yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Mengerti Tentang Konsep Dasar Akuntansi

    Pertama, Kamu harus mulai memahami materi dasar dan siklus akuntansi. Akuntansi sendiri merupakan suatu proses mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan.

    Lalu, Kamu juga perlu tahu tentang persamaan dasar akuntansi. Secara garis besar pengertian persamaan dasar akuntansi ialah hubungan antara harta, utang dan modal yang dimiliki suatu usaha. Sehingga laporan ini dapat digunakan untuk kepentingan pemangku jabatan dalam menganalisa keuangan dan membantu dalam mengambil keputusan.

    Konsep dasar akuntansi itu sederhana. Tujuan dari persamaan dasar akuntansi adalah sebagai acuan pencatatan, dimana setiap terjadi transaksi perlu dicatat dalam sisi kiri (aktiva) maupun sisi kanan (pasiva). Berikut cara yang gampang belajar akuntansi. Kamu hanya perlu memahami dengan baik konsep ALOE. Simak dibawah ini mengenai konsep ALOE!

        HARTA (Asset) = UTANG (Liability) + MODAL (Owner’s Equity)

           HARTA + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN       

    Aset merupakan aktiva yang mana sebagai sumber ekonomi bagi suatu usaha,sedangkan kewajiban atau hutang adalah sesuatu yang harus ditunaikan atau hutang terhadap entitas lain dan berada disisi pasiva. Sementara itu ekuitas ialah modal usaha dengan selisih kewajiban.

    Kemudian, Kamu juga perlu memahami poin-poin penting dalam belajar akuntansi seperti konsep debit-kredit, bagaimana proses penjurnalan, positing ke buku besar, membuat neraca saldo, dan cara menyajikan sebuah laporan keuangan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha.

  • Menemukan Mentor Yang Tepat

    Jika Kamu seseorang yang memiliki rutinitas yang padat dan untuk belajar sendiri sangatlah sulit, maka tidak ada salahnya jika mencari jasa konsultan keuangan. Saat ini jasa konsultan keuangan yang dapat membimbing Kamu dalam memahami akuntansi sangatlah banyak dan tentu mereka yang menawarkan jasa konsultasi atau menjadi mentor dalam pengelolaan usahamu akan membantumu memahami akuntansi secara cepat dan mudah.

  • Gunakan Alat Tambahan (Software Akuntansi)

    Perkembangan dunia teknologi sangatlah pesat, tidak terasa sekarang kita sudah memasuki Industri 4.0. Hampir semua usaha dituntut peka dan merespon terhadap teknologi, begitu pula dengan akuntansi. Jika dulu melakukan pembukuan terasa merepotkan dan menyita waktu, sekarang Kamu tidak perlu lagi mengalami hal tersebut. Sekarang dengan kecanggihan teknologi, proses pengerjaan mulai dari pencatatan, melacak persediaan secara realtime, rekonsiliasi bank praktis karena langsung terintegrasi serta perhitungan sampai laporan keuangan dapat diotomatisasi dengan suatu sistem yang mumpuni seperti Senna yang akan mempermudah pembukuan dan pengelolaan usahamu.Tentunya, hal ini dapat membuatmu menghemat banyak biaya, waktu serta energi.

  • Mengenal Siklus dan Proses Akuntansi

    Pada dasarnya, siklus akuntansi itu mudah,jika Kamu mengetahui  dan paham dasar-dasar akuntansi. Siklus akuntansi sendiri merupakan suatu tahapan dalam proses akuntansi dimana bertujuan untuk memberikan laporan keuangan yang baik dan benar. Ada 3 tahapan dalam proses akuntansi, yaitu:

    • Pencatatan dan Klasifikasi
      Proses ini, dimana Kamu mencatat atau membukukan transaksi yang berjalan pada bisnismu. Nah, setelah kamu melakukan pembukuan,data yang masih mentah ini, biasa oleh seorang akuntan akan diklasifikan agar dapat disajikan dengan baik dan mudah dipahami sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak yang berkepentingan.
    • Pembuatan Ikhtisar dan Menyajikan Laporan Keuangan
      Data yang sebelumnya sudah diolah dan diklasifikan, selanjutnya diproses dan disajikan dalam bentuk laporan keuangan sebagai landasan dalam mengambil keputusan. Biasanya laporan ini diserahkan pada periode tertentu semisal bulanan,triwulan,semester ataupun tahunan.
    • Analisa Laporan Keuangan
      Setelah laporan keuangan dibuat, Kamu sebagai seorang pebisnis tentunya harus menganalisa laporan yang telah disajikan dari mulai laporan laba rugi, arus kas hingga neraca keuangan. Hal ini sangatlah penting dan sebagai dasar yang kuat dalam mengambil kebijakan suatu usaha.

 

  • Memahami Akun dan Saldo Normal Pembukuan

    Hal yang ada dalam akuntansi adalah Akun.Akun ini sebagai label atau formulir untuk mencatat dan mengklasifikan transaksi yang dibukukan yang akan merubah komposisi harta, kewajiban maupun modal usaha.

    Menurut standar akuntansi, akun dibagi menjadi 2,yaitu:

    Akun riil:akun yang dicatat pada neraca terdiri dari harta (asset), kewajiban, dan juga modal.

    Akun nominal:akun yang dicatat pada laporan laba/rugi yang meliputi pendapatan dan beban.

    Setiap nama akun memiliki nomor akun dan saldo normalnya. Pada nama akun biasanya terdapat nomor akun dan saldo normalnya. Sementara saldo normal adalah saldo yang menempatkan sebuah akun berada di posisi debit atau kredit. Berikut adalah akun yang perlu Kamu pahami:

     

    Nama Akun

    Nomor Akun

    Saldo Normal

    Aset

    10001

    Debit

    Utang

    20001

    Kredit

    Modal

    30001

    Kredit

    Pendapatan

    40001

    Kredit

    Beban

    50001

    Debit

    Sebagai pebisnis tentunya Kamu juga perlu mengerti akuntansi secara praktis. Tidak perlu memahami secara detail, biarkan tim akuntan Kamu yang mengerti secara teknis. Dari proses akuntansi  dapat diartikan sebagai proses mencatat, meringkas mengolah dan menyajikan sebuah laporan keuangan, dimana hasil tersebut dapat digunakan sebagai bahan acuan pengambilan keputusan dan dapat dianalisa untuk proses selanjutnya. Terkait dengan analisa laporan keuangan dan sistem yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut,Kamu bisa memanfaatkan teknologi software akuntansi dalam melakukan pembukuan pengelolaan usaha. Senna merupakan sebuah platform pengelolaan usaha yang didalamnya terintegrasi dengan proses akuntansi dan berbasis cloud. Kamu dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun baik melalui platform mobile maupun web selama terhubung internet. Tersedia banyak fitur yang membantu Kamu dalam mengelola usahamu mulai dengan terintegrasi dengan pembayaran digital, ekspedisi, hingga channel penjualan yang berbeda-beda dan dilengkapi lebih dari 33 laporan yang akan membantumu dalam menjalankan usaha secara efektif dan efisien. Kamu dapat mencoba gratis selama 14 hari. Update juga insight dan informasi Kamu setiap hari dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Senna. Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Kamu? Jangan khawatir, Kamu bisa menggunakan Senna yang memiliki fitur lengkap dan terintegrasi dengan harga terjangkau.

Baca juga : Ingin Tingkatkan Keterampilan Akuntansi? Coba 6 Kebiasaan Sehari-hari Ini!

   

Tags: Akuntansi Laporan Keuangan Bisnis Keuangan Keuangan Digital Pengusaha Bisnis


background icon background icon